Langsung ke konten utama

My Awesome Adventure



Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam pramuka !!! ( tepuk pramuka satu kali)
Pramuka ... Pramuka... Praja Muda Karana,,, maju bersama pramuka ... yess !! J
            Hai kakak- kakak semua dimanapun kalian berada!! Yang unyu- unyu, yang standar, dan yang biasa- biasa aja... hehehe :):D peace !!. Disini kami dari kelompok 2 yang beranggotakan kak Ma’ur, kak Laily dan kak Toyibah serta dikomando oleh kak Anwar akan mememaparkan kegiatan- kegiatan selama MOPP 2013. Kegiatan Masa Orientasi Pramuka Pandega ( MOPP) 2013 terdiri dari dua kegiatan berbeda yaitu kegiatan indoor dan kegiatan outdoor. Sayangnya tidak ada kegiatan door to door yah...tapi mungkin bisa diusulkan sebuah kegiatan baru yaitu kegiatan gedoorrr gedooor ,,hehehe . Kegiatan indoor dilaksanakan tanggal 2-3 November 2013, tempat kegiatan di Student Centre Lantai 3 dan kegiatan outdoor dilaksanakan di Bumi Perkemahan Puhsarang- Semen mulai tanggal 3-5 Novenber 2013. Untuk lebih jelasnya, ikuti kami terus yahhh...!??! Uyeee,,, woyoyo,,,@_^
Jumat, 2 November 2013
            Di siang yang panas membara, seperti itulah kira-kira semangat kakak-kakak angkatan 15 untuk mengikuti kegiatan Masa Orientasi Pramuka Pandega (MOPP) 2013. Kegiatan dimulai pukul 13.00,  dengan check-in peserta yang dipandu oleh kak Khalim dan kak Mia , setengah jam kemudian, upacara pembukaan dimulai. Upacara dihadiri oleh Mabigus Racana yang bertugas memberi kata sambutan dan sekaligus menyematkan tanda peserta.
            Upacara berakhir pukul 14.00, seluruh panitia dan peserta beranjak meninggalkan halaman depan Rektorat dan menuju Student Centre Lantai 3. Pukul 14.00, kami mendapat materi yang pertama mengenai survival, materi ini disampaikan lansung oleh kakak- kakak dari UKM Mahaspala, disini kami mendapat materi tentang bagaimana cara bertahan hidup di hutan, seperti cara mendirikan bivack, cara mengenali makanan yang ada di hutan ,cara mendapatkan air dan cara menyalakan api dengan peralatan yang sederhana . WOW,,, ekstrim nih kayaknya :p
Pukul 15.30, setelah menarik napas sejenak, kami mendapat materi PPGD, apa itu PPGD?? PPGD kependekan dari  Pertolongan Pertama Gawat Darurat. Materi yang kedua ini , disampaikan oleh kakak Pemangku Adat kita yang keren and ganteng !! hayooo... siapa yang tahu? Yaps ...betul banget,,,siapa lagi kalau bukan kak Rizal...hehe :D. Usut punya usut,ternyata kak Rizal ini sewaktu masih di MA ikut ekstrakurikuler PMR lho... !! Kak Rizal membagi ilmunya kepada kami ,, mengenai cara- cara memberi pertolongan kepada korban kecelakaan dan korban- korban yang lain yang butuh pertolongan segera.
Waktu menunjukkan pukul 17.00, kegiatan pemberian materi diakhiri, karena masih ada hari esok yang menanti dan yang pastinya akan lebih seru dan menantang, selain itu kita juga harus prepare barang- barang yang akan dibawa untuk mengikuti kegiatan MOPP esok hari.
Sabtu, 3 November 2013
            Matahari sepertinya masih malu- malu untuk menampakkan cahayanya, tapi walau begitu kami harus segera bersiap- siap untuk mengikuti kegiatan-kegiatan hari ini. Berhubung kami belum mendapatkan tenda, jadi kami ( kak Ma’ur dan kak Laily), memutuskan bahwa agenda yang harus kami lakukan pagi ini adalah mengambil tenda  di MTs Hasan Muchyi yang ada di kawasan Pagu...huuuhh,,, perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan,, apalagi di tambah ada tragedi nyasar akibat tidak hafal jalan... tapi nggak masalah , everything is OK!!. Tenda beres , tongkat siap sedia, tali dan pasak ada, sekarang saatnya kembali ke STAIN Kediri untuk mengikuti kegiatan- kegiatan yang ada disana sambil sepanjang perjalanan melengkapi perlengkapan-perlengkapan untuk berkemah sore hari.
            Sampai di kampus pukul 09.00, ternyata kegiatan yang sedang berlangsung adalah Ice Breaking yang diisi oleh kak Andi dan Kak Syarif dengan permainan– permainan dan kegiatan menyenangkan yang lain. Pukul 09.30 , pemberian materi mengenai sejarah racana  yang disampaikan oleh kak Darori, yang diketahui merupakan salah satu KDR yang pernah menjabat dalam Racana. Kak Darori menjelaskan sejarah terbentuknya racana dari awal pembentukan hingga sekarang. Wah keren,,,!!
            Pukul 11.00, pemberian materi selesai dan dilanjutkan dengan  kegiatan Ishoma  dan persiapan untuk kegiatan Outdoor. Pukul 11.00 hingga pukul 13.00 juga kami manfaatkan untuk melengkapi perlengkapan- perlengkapan yang akan dibawa.
Kegiatan Outdoor dimulai. . .
Persiapan buat kakak-kakak yang belum siap ...ayo segera kak !! ^_^
            Masih pada hari yang sama, pukul 13.00.  Kami berbaris rapi untuk check-in dan apel pemberangkatan ke Bumi Perkemahan. Upacara dipimpin oleh kak Ibda’i dan kak Rizal bertindak sebagai pembina upacara. Selesai melaksanakan upacara , kami bergotong royong menaikkan barang-barang ke truk, dan selanjutnya kami semua naik ke truk dan meninggalkan STAIN  Kediri tercinta. Bismillah... @_^
Sepanjang perjalanan kami bercanda tawa, sehingga kami menjadi semakin akrab baik dengan angkatan sendiri maupun angkatan-angkatan sebelumnya. Apalagi dengan suasana sore yang sejuk, semakin menambah keceriaan kami. Beberapa saat kemudian kami sudah sampai, kami semua turun dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Kami berangkat perkelompok,sebelum berangkat setiap kelompok harus mengecek perlengkapan individu dan perlengkapan kelompok untuk bivack. Setiap individu harua membawa tongkat 60 cm, 2 buah , mantel ,tali, sarung, perlengkapan sholat, sedangkan perlengkapan kelompok yang harus dibawa adalah empat tongkat,alat tulis dan bekal. Selain itu kami juga tidak boleh membawa handphone dan dompet. Dan setiap kelompok diberi uang sebesar lima belas ribu rupiah yang digunakan untuk biaya hidup selama empat hari,, wow banget kan???sumpah... suwerrr deh ?!! :p
Kemudian kami berjalan kaki berkelompok sambil membuat peta pita, dan mengukur jarak yang sudah kami lewati. Setelah kurang lebih berjalan sejauh satu kilometer,kami tiba di pos 1 yang dijaga oleh kak Maftuh. Waktu menunjukkan pukul 15.30. Tugas pertama kami adalah melaksanakan sholat ashar di sebuah mushola. Selesai melaksanakan sholat ashar kami kembali lagi ke pos 1 untuk menerima tugas selanjutnya. Kak Maftuh memberi kami tugas untuk meneruskan perjalanan , degan berjalan lurus dan tidak belok sambil mecari dan membuat aksesoris dari benda mati. Oke kak terimakasih untuk tugasnya... ayo kawan lanjut lagiiii... ^_^. Akhinya kami putuskan untuk membuat gelang dari sedotan yang ada di pinggir-pinggir jalan.
Kami berjalan mendaki bukit, menuruni lembah, melintasi jalan setapak, menyeberangi sungai, banting kanan, banting kiri, tapi kami tetap happy walau kaki rasanya capek sekali... sabar sabar :). Belum lagi ada serangan tak terduga dari kak Alfian dan kak Ibda’i, sepertinya kakak- kakak ini tahu kalau kami belum pada mandi, jadi mandi di sungai sore- sore gini kayaknya seru juga J. Okelah kalau begitu, lanjut aja ya... J
Menjelang maghrib, kami sampai di perkampungan penduduk, karena sudah mau adzan maghrib, kami bergegas menuju masjid dan melakukan sholat maghrib. Selesai sholat maghrib, kami mengaji dan sharing bersama hingga menjelang waktu sholat Isya’. Selesai melaksanakan sholat isya’, kami bersiap-siap melanjutkan perjalanan ke tempat mendirikan bivack. Kelompok kami mendapat kesempatan berangkat kedua setelah menjawab pertanyaan seputar PPGD, kami hanya boleh membawa satu senter, padahal kami akan melewati perbukitan yang gelap dan terjal,, but ,never mind. Because we always together in wherever....keep smile kakak :D. Cappp cusss ,,,,??!
Perjalanan memang sangat berat dan melelahkan, tapi kami harus tetap menjaga bara semangat karena perjalanan belum berakhir kawan !!. Sepanjang perjalanan kami harus mencari pos-pos dalam kegelapan, jangan lupa teriakkan kode “ PRASTARI”  kalau ada jawaban “ JAYA” berarti kita dalam jalan yang benar,, hati- hati dengan jawaban yang lain :p
Setelah melewati semua pos , akhirnya kami sampai di pos terakhir, dan kami beristirahat sembari menunggu kelompok- kolompok yang lain, enaknya merebahkan tubuh sejenak langsung diatas tanah air tercinta, tanpa alas dan dipayungi oleh langit yang luas tidak terbatas dan ditaburi bintang kelap- kelip, sungguh pemandangan yang luar biasa. Setelah semua kelompok tiba di pos terakhir, kami bersiap-siap mendirikan bivack, tapi tiba- tiba salah satu anggota kelompok kami yaitu kak Toyibah, kakinya kram, kami bersama kakak-kakak panitia yang lain membantu kak Toyibah, dan membawanya ke bumi perkemahan, hingga pagi menjelang, kami baru meninggalkan pos terakhir dan bergerak menuju bumi perkemahan.
Shubuh hampir tiba, kami bersama-sama mendirikan tenda, hingga berkumandang adzan shubuh, kemudian segera bergegas melaksanakan sholat shubuh. Selesai sholat shubuh, kami melanjutkan pendirian tenda yang belum selesai. Tenda beres, cepat- cepat kami berganti pakaian olahraga untuk melaksanakan olahraga bersama. Setelah olah raga kami melanjutkan sebuah tugas yang amat AHAY :P yaitu sebuah pengabdian di sebuah sekolah swasta, kala itu udara masih terasa sejuk sekali karena kami semua di kumpulkan didapan tenda dan yang memberi arahan yakni kak Khalim, selanjutnya kami semua digiring oleh dua kakak cantik, semua peserta dibagi menjadi dua kelompok, antara MI dan SD, lha kebetulan kelompok kami semua terletak di MI berhubung kelompok kami tinggal 3 dikarenakan yang satu ada masalah teknis perut,,,,,,,,,biasa masalah perut yakni mulai lapar “wajarr malas untuk bergerak jika perut dalam keadaan kosong” hahahahaha :P, lanjutttt,,,,,,,! di sekolah tersebut kami mulai melakukan sebuah pendekatan yang awal yakni perkenalan, biasalah ada perkenalan kata pepatah “TAK KENAL MAKA TAK SAYANG” weleh-weleh puitis banget, hohohoho J,,,,,,,,,,yang perkenalan tersebut diawali oleh kak Alfet dan diteruskan oleh kakak yang lain, selanjutnya kami giring adek-adek tersebut ke dalam ruangan dan disitulah kami memberi berbagai materi dan berbagai permainan.
Dilanjutkan pukul 09.00 yakni membuat sebuah hasta karya kami tidak ada ide sama sekali akhirnnya munculah ide yang sangat konyol yakni membuat tiang bendera,,,,hahahahahaham J, akhirnya kami dapat menghirup udara sejenak yakni ishoma pada pukul 11.30,,,sebentar kami menghirup udara yang bebas J,,,,,kami lanjutkan lagi yakni sebuah materi tentang adat racana yang di isi oleh kakak pemangku adat kita yakni kak Rizal. Disitu kami dipahamkan tentang adat-adat racana. J
Pada pukul 15.30 acara Out Bond yang diisi oleh kak Zain,,,,,aduhai acaranya seru abizzzzzz,,,,, yaitu sebuah permainan sambung tongkat dan tutup lobang,,,,aahahahahahah :D,,,,ada keseruan didalam permainan tersebut yang memacu kekompakan antar kelompok, dan bergurau ria ampek kringetan abizzzz, trus waktu sudah menunjukkan pukul 15.30 bergegaslah kami semua ganti baju untuk melakukan sebuah pengabdian di TPQ, ronde pertama kelompok kami mengabdi pada sebuah TPQ di masjid depan bumi perkemahan kita,,,,,J di dalam TPQ kami bisa dikatakan mengajar ngaji dan mengajar tata cara sholat dengan benar,,,,J  hehehehe
Pada pukul 17.00 kami beristirahat ria kembali badan terasa lemah, letih, lunglai wajah-wajah yang bersinar sebelum berangkat terlihat cantik kini terlihat kusam kering,,,,,huhuhuhu L....diteruskan lagi yach,,,, yakni pada pukul 19.00 ada sebuah materi yang disampaikan oleh  oleh ibu dari perangkat desa yang menerangkan tentang profil desa,,,,,, setelah kegiatan tersebut waktu menunjukkan pukul 20.30 yakni diisi dengan acara presentasi sebuah pengabdian yang dilakukan sebelumnya,,di acara ini presentasi di wakili oleh kelompok kak khusnul,,,,hari mulai malam mata sudah terasa berat untuk dibuka ......akhirnya kami semua mulai menikmati tidur ria..... J  
Tiba-tiba malam-malam kami dibangunkan dengan terkejutnya kami disitu ada tragedi bom meledak  sebuah apel malam yang didalamnya berisi sebuah penghukuman-penghukuman yang menurut kakak-kakaknya kami melakukan sebuah kesalahan,,,, disitu juga kami semua digiring keladang kacang yang sudah panen guna mencari sebuah bet kota kediri,,, tibalah hari senin yang masih banyak serangkaian acara pagi pukul 04.00 kami melakukan sholat subuh di sebuah masjid. Dilanjutkan persiapan olah raga pada pukul 06.00. Observasi, kami kehilangan dua teman lagi yakni kak Maur dan kak Layli dikarenakan ada UTS di kampus, tinggal sendirian yakni kak toyibah yang melakukan observasi di desa puhsarang yang menanyakan berbagi macam kehidupan yang ada di desa puhsarang tersebut, yang hal ini di tanyakan dalam hal (politik, agama dan adat, budaya, dan pendidikan) setelah kami mendapatkan bahan observasi tersebut,,,,,,,,
Gawat  ,,,,,, L ternyata hasta karya kami tidak diterima,,,galau berat ini ,,,L akhirnya kak maur sudah kembali kebumi perkemahan yang mengusulkan ide untuk membuat hasta karya yang kedua kalinya season kedua membuat sebuah hasta karya yakni pigora dari kardus,,,, J,,,,,selanjutnya pukul 11.00 kami mempresentasikan hasil karya kami. Dilanjutkan kegiatan lomba masak pada pukul 13.00 saat itu lomba masak disertai cuaca yang sangat cetar membahana karena hawa panas yang diciptakan api dan matahari,,,, WAW,,,,, J
Tibalah penilaian juri dalam menilai masakan yang kita masak, kabar gembira ternyata pemenang dari lomba masak tersebut yakni kelompok dua ,,,, yeyeyey tralala J,,,,,dan seterusnya itu dilakukan lomba yel-yel, waktu sudah menunjukkan pukul  15.30 saatnya kami melakukan sebuah pengabdian lagi disebuah TPA, akan tetapi tempatnya sudah beda lagi dengan tempat baru suasana yang baru kami mengajar dengan materi baru juga yakni mengaji dan mengajari mereka tentang hal-hal yang berkaitan dengan islam contohnya yakni belajar menghafal doa-doa.
Pada pukul 17.00 kami semua peserta dan panitia ishoma  sampai menunjukkan pukul 19.00 kami  semua digiring ditengah lapangan guna mempresentasikan hasil pengabdian sore tadi. Inilah saat yang ditunggu-tunggu semua pada pukul 20.30 kami mengadakan persiapan Unggun Gembira,,,,lalu unggun gembira dilaksanakan dengan di sertai ajang kreasi sampai malampun kian larun lalu kami lanjutkan dengan menganyam bulu mata,,,,J
Akhirnya rangkaian acara sudah menginjak hari selasa pada pukul 01.00 kami dikumpulkan ditengah lapangan guna renungan malam akan tetapi bukan penghukumam lagi hanya saja renungan buat kesalahan selama ini J..................... Sampailah pagi pukul 04.00 kami semua menjalankan bersih diri dan melakukan ibadah sholat subuh. Mataharipun mulai menampakkan wajahnya kami diajak kembali menikmati panorama keindahan bukit pohsarang..... lalu kami masuk kedalam wisata pohsarang tersebut.
Akhirnya setelah kami berfoto-foto ria di lokasi wisata tersebut, kami meneruskan perjalanan pulang dikarenakan waktu sudah menunjukkan matahari sudah diatas kepala pada pukul 11.00.... kami semua prepare untuk pulang setelah di adakan upacara penutupan kita semua kembali ke kampus STAIN kediri tercintaaaaaaaaaaaaa J.
MOPP keren euy,,, apalagi ada kelompok 2 yang paling uyeeee J.
Sampai jumpa di MOPP tahun depan yah,,,,,^,^

foto sehabis senam pagi....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik Lagu Nidji- Rahasia Hati Ost.5 CM

Tahu film 5 CM kan yang dirilis akhir tahun 2012, pasti tahu dong ya ? selain filmnya yang keren abis, ternyata soundtracknya gak kalah keren lho… ini salah satunya. Lagu dari Nidji yang berjudul Rahasia hati. Buatku lagu ini berkesan banget Karena liriknya yang menyentuh bila benar-benar dihayati, hehehe. So, daripada penasaran, intip bareng-bareng yuk… Check this out !!!

Acara Masak-Masak bersama Kawan-kawan

Untuk mempererat persahabatan, kami mengadakan acara masak-masak. Dipilihlah nugget tahu dan risoles coklat pisang sebgai pliihan masakannya. yang pasti rasanya enak karena dimasak dengan gembira dan bersama-sama ^,^ ( 30 November 2014)