Langsung ke konten utama

Cerita pendek- Cinta Itu kamu



Cinta Itu Kamu


“Fara, aku jadian lagi...” teriak Kika, sambil berlari ke dalam kantin. Napasnya terengah-engah. Mirip- mirip kayak orang abis dikejar setan.
“Serius ?” kataku penasaran.
“Iya lah,masak gue bohong. Ngomong- ngomong ini ramen enak juga.” kata Kika sambil nyomot mie ayamku.
“Sialan kamu, ini mie ayamku tau.” kataku sambil menarik mangkok mie ayam.
“Alahhhh...cuma dikit doang.”kata Kika setengah kesal.
            Inilah Kika,Andara Nova Kika, sahabatku, sekaligus tetanggaku. Temenku dari  bayi sampai segede ini, riwayat pendidikanku sama kayak dia, cuma beda kelas aja. Penampilannya gak jauh beda sama aku, tapi tetep ada bedanya, yang pasti aku lebih cantik dari Kika. PD banget. Walau gitu, Kika lebih unggul dari gue dalam satu hal, yakni menarik hati para cowok- cowok, tercatat dalam BHCK(Buku Harian Curhatan Kika), buku harianku yang berisi semua curhatan Kika, ada kurang lebih kalo gak meleset , 16 cowok yang udah pernah singgah di hati Kika,sejak Kika masih SD sampai Kika udah SMA. Untungnya cuma singgah, jadi ya selalu ada ruang terbuka biar hati Kika gak sesak, hehe.
“Beneran kamu jadian lagi?” tanyaku , masih penasaran
“Iya, kamu tau  kan kalau aku nggak bisa hidup tanpa cinta. And satu lagi, aku  itu kan cewek yang kuat, nggak perlu waktu lama buat move on.”kata Kika ceplas-ceplos.
“Tapi kamu kan baru putus, pagi tadi, ya kira- kira 3 setengah jam yang lalu?”kataku.
“Tapi faktanya, dalam tiga setengah jam juga , Tuhan udah ngirim seseorang yang akan memayungi kesedihanku.” kata Kika bangga, songong bin nyengir-nyengir.
“Memayungi? Kamu kira lagi kehujanan?”kataku menandingi kata-kata songong Kika.
“Itulah, bedanya bahasa orang yang lagi jatuh cinta, kata-kata yang digunakan begitu indah, beda jauh sama orang bergelar jomblo akut stadium akhir kaya kamu...” kata Kika, panjang lebar.
            Yah,kenalin ini aku. Dias Faradila Sandini, Fara, Kika hafal banget sama aku, mengenalku luar dalem, tau apa aja tentangku, dan sebaliknya, dan yang nggak kalah penting, Kika hafal riwayat percintaanku. Jelas aja hafal, Kika gak perlu ngapalin satupun cowok yang ada di hatiku. Itu alasan mengapa, rekor paling sering curhat masalah cinta masih dipegang Kika, selama tujuh tahun terakhir.
“Sok puitis loe,lebay banget...” aku menimpali sekedarnya.
“Memang susah dimengerti, kamu memang hebat bikin tulisan di majalah gede yang nempel di tembok yang udah kayak cicak itu, tapi faktanya, kamu nggak lebih jago dari aku untuk urusan mengolah kata cinta... hahaha, tapi suatu saat loe juga harus ngerasain jatuh cinta ,karena apa? Kamu tau nggak?” kata Kika semakin ceplas-ceplos. Lagi-lagi kesongongan Kika muncul.
“Nggak, emang penting ya?” kataku agak sebal.
“Karena...hidup tanpa cinta bagai taman tak berbunga... hai... begitulah kata para pujangga , aduhai begitulah kata para pujangga, teroret teroret...” jawab Kika sambil nyanyi dengan suara sumbang.
“Haduh, efek kebanyakan nonton acara TV nih, kalo kamu bukan temenku, udah gue lempar telur busuk ....” kataku sambil menutup kuping.
“Hehehe, peace !! damai and keep smile...” kata Kika sambil nyengir kuda.
“Sesuka hatimu aja deh.”jawabku pasrah.
            Akhirnya, bel masuk berbunyi juga, dan yang paling gue seneng Kika berhenti nyerocos,karena dia harus balik ke kelasnya. Aku mengelus dada sambil menarik napas dalam-dalam. Akupun beranjak meninggalkan kantin. Sepanjang pelajaran aku jadi mikir, apa yang dikatakan Kika. Apa bener ya aku akan jadi jomblo atau lebih parahnya , aku gak akan ngerasain jatuh cinta.??? Entahlah. Aku nggak tau.
Teng...teng...teng...
            Bel pulang sekolah udah berbunyi tapi hujan turun begitu deras, jatuh ke genteng, dan mengalir ke selokan. Sepertinya, para siswa masih enggan untuk pulang, mereka lebih memilih duduk-duduk atau ngobrol- ngobrol dengan teman. Kalau aku  cuma memilih untuk berdiri dan diem aja. Dalam hati gue bertanya, Kika kemana ya? Sepi juga nggak ada itu orang, apalagi saat- saat seperti ini, aku butuh hiburan , aku butuh radio rusak kayak Kika.
            Menjelang maghrib, aku baru nyampe rumah. Mama lagi di dapur, sepertinya sedang menyiapkan makan malam.
“Kok, baru pulang, Far? Habis dari mana?” kata mama ketika melihatku pulang.
“Pulang sekolah tadi hujan deres banget, jadi Fara nggak langsung pulang. Terus waktu Fara pulang, Fara mampir dulu ke toko buku, ada tugas.” Kataku menjelaskan ke mama.
“Oh, ya lain kali Fara telepon atau SMS mama dulu, biar mama nggak khawatir.” kata mama memberi nasihat.
“Iya, ma. Maafin Fara...” kataku.
“Nggak apa-apa, ya udah kamu mandi, terus makan ya...”kata mama.
“Iya ma...” kataku sambil meningalkan mama.
Aku membuka pintu kamar, kuletakkan tas punggungku, ku rebahkan tubuh ku ,ku tarik napas dalam-dalam... melelahkan sekali hari ini.
***
            Pagi yang indah. Matahari belum tinggi, sepertinya masih malu-malu untuk menampakkan diri. Daun menari-nari diterpa angin. Ke kanan ke kiri.ke atas ke bawah. Rumput  masih berembun. Basah. Begitu menyejukkan hati jika dipandang. Udara pagi ini juga memanggilku untuk menikmati segarnya. Semakin menambah semangatku unutuk belajar hari ini.
            Aku memasuki gerbang SMAN 4 Yogyakarta. Masih cukup sepi baru beberapa siswa saja yang sudah datang. Aku sengaja datang pagi- pagi hari ini, dan nggak berangkat bareng Kika. Hari ini aku ingin menempel karyaku minggu ini. Ya, aku memang salah satu anggota ekskul pers jurnalistik , aku emang suka nulis, itung- itung buat wadah nyalurin hobi , udah gitu menyenangkan banget kalo banyak orang yang suka baca tulisan kita. Ada satu lagi hobiku, aku suka banget main komputer, chatting, nge-blog, sosial media, ngotak atik komputer, pokoknya aku suka banget sama yang berubungan dengan komputer.
“Hemm, beres juga” kataku.
            Aku meninggalkan, mading dan menuju ruang kelasku. Ku susuri lorong-lorong kelas. Kelasku berada di paling ujung. XI IPA 1. Baru masuk kelas, ternyata Kika udah duluan nongkrong di bangkuku.
Udah nyampe sini aja loe...mau curhat apa nih pagi-pagi?” kataku mengawali.
Tenang, gue gak mau curhat kok, soalnya belum ada halangan, rintangan , badai dan petir yang begitu berarti dalam hubungan gue, all is well...” kata Kika nyerocos.
Iyalah... hubunganmu kan belum ada 24 jam. “ kataku.
Hehe... “Kika tertawa.
Terus, ngomong-ngomong ada apa?” tanyaku pada Kika.
Besok kan malming tuh, aku mau ngajak kamu jalan, sekalian aku kenalin sama Edwin, gimana mau nggak? “ Kata Kika penuh harap.
Besok ya? Liat besok aja deh... akubelum tau jadwalku besok.” Kataku.
Yah, usahain ya? Please...Kan gak lucu kalo sahabatku yang cantik manis, unyu tapi gak laku- laku ini, gak kenal sama pacar baruku....” kata Kika tetap dengan gaya songong.
“Selalu deh gitu...ngeselin banget sih..” kataku kesal.
“Habis aku heran deh sama kamu Ra, menurutku kamu itu gak jelek- jelek banget, ya mirip-mirip lah sama gue, walau lebih cantikkan gue 10%, hehehe” kata Kika dengan nada nyebelin.
“Hmmm,,,,mau muntah rasanya denger omonganmu.” jawabku.
“Lha,, balik ke masalah tadi, kamu kan cantik, kamu itu bisa dapet cowok mana aja yang kamu suka, asal ada yang mau sama kamu aja,” kata Kika dengan nada nyebelin.
Trus kenapa...?” Kataku dengan kesal.
Apa kamu gak nyadar, si Fandy , kapten basket itu, udah lama, ngincer kamu.” Kata Kika.
“Memang die kira aku mangga kali ya?” kataku sekedarnya.
Hihh,,,loe tu dibilangin juga...” kata Kika sewot.
Iya gue dengerin.” Jawabku.
Ada lagi Ra, si Ryan, ketua OSIS itu juga ngejar-ngejar kamu, dari kelas X... lho.” Kika menambahi.
Emang aku maling apanya Ryan , sampe dia ngejar- ngjar aku, haa?and satu lagi, dari mana kamu tau cowok-cowok itu ngejar aku?” Kataku sedikit penasaran.
Iya feeling aja, karena itu cowok pada sering nitip coklat ,ya karena aku tau kamu pasti akan nolak pemberian tuh cowok2 ya aku makan aja coklatnya, termasuk yang lagi aku makan ini.” Kata Kika sambil senyum-senyum.
Haa?
Ya, tapi ini bukan dari mereka, tapi, dari,,, pak Somad , tukang somay di depan tuh. Kamu tuh seharusnya, mulai membuka hati, kita kan udah 17 tahun, aku rasa mamamu juga gak keberatan kalo kumj punya pacar.” Kata Kika meyakinkan.
Tapi aku kan belum pengen ka,,, lagian aku  enjoy-enjoy aja gak punya pacar.” Jawabku.
Tapi aku takut gak ada yang nemenin kamu jalan kalau aku nggak bisa nemenin.” Kata Kika dengan nada sedih.
Perhatian banget loe...tapi iya gak pa-pa. Kan aku bisa jalan sendiri, kalo cuma ke taman atau ke toko buku aku gak takut kok kalo sendirian....” Kataku sambil mengelus pundak Kika.
Hah... susah ya ngomong sama kamu...ya udah deh. Aku tunggu keputusanmu besok. Setidaknya , ntar malem kamu bisa cancel dulu, jadwal kencan sama buku and komputer itu.” Kata Kika sambil beranjak meninggalkan bangkuku.
            Aku hanya tersenyum sambil melihat Kika meninggalkan kelas.
***
"Assalamualaikum...
Waalaikumsalam... udah pulang Far ?jawab mama yang lagi nyetrika di dekat dapur.
Udah ma...kataku sambil mengambil air putih di kulkas.
Mama, bikin sayur sup sama telur bumbu bali itu far, kamu makan ya?” kata mama.
 Iya ma...” jawabku.
 Oh ya, besok pagi mama dan papa mau ke Bandung. Nengok nenek. Kata mama.
Kenapa ma? Nenek sakit?” tanyaku.
Nggak, kan udah lama banget gak berkunjung kesana. Kalau besok malam kamu mau nginep di rumah Kika ,mama izinin. Besok kan malam minggu,asal kamu harus jaga diri, dari pada kamu kesepian di rumah.” Kataku.
Kan ada esti ma?” kataku.
Adik kamu besok mau pergi kemping sama temen-temen sekolahnya. Mungkin minggu sore baru pulang.” Mama menjelaskan.
Oh gitu...gampang ma, bisa di atur.” Kataku sembari melempar senyum ke mama.
***
            Malam ini, dingin banget, di luar juga hujan. Suasana yang enak banget buat tidur dan bersembunyi dibalik selimut tebal. Aku sudah selesai belajar. Tiba- tiba aku kepikiran tentang tawaran mama tadi. Besok otomatis aku bisa pergi bertemu pacar baru kika, aku juga bisa jalan ke alun- alun yogya, beli bubur dan beli jagung bakar atau sekedar jalan – jalan keliling kota. Sepertinya asyik sekali. Dan malamnya aku gak tidur sendirian , karena aku bisa nginep di rumah kika. Tapi,,,entahlah... we’ll see. Dan tak terasa aku telah tertidur.

Jam tangan ku menunjukkan pukul 14.10. bel tanda pulang sekolah berbunyi. Huuh,,, aku menghela napas. Akhirnya pelejaran untuk hari ini udah selesai. Seketika kelas jadi ribut,maklum malam minggu, pasti mereka sedang mengatur rencana menghabiskan akhir pekan.
“Fara, ntar malem mau kemana?”Tanya Hani mengagetkan ku.
Belum, tau mungkin di rumah aja, orangtua ku lagi ke bandung. Jawabku.
            Aku meninggalkan kelas. Aku ingin gak langsung pulang ke rumah. Aku ingin pergi ke taman, akhir pekan gini biasanya taman lagi rame. Aku bisa beli es krim dan siapa tau dapet inspiarasi buat nulis.
            Setengah jam perjalanan , sampai juga di taman, benar dugaanku taman rame banget. Kuparkir montorku dan aku mulai berjalan.
Ke danau kali dulu ya... pikirku dalam hati.
            Ku buka tasku, ku ambil kertas dan bolpoinku. Aku mulai menulis kata-kata. Inilah yang biasa aku dan kika lakukan setiap kali main kesini. Kami senang menulis harapan, cerita- cerita sedih, gembira atau apa aja yang ingin kami ungkapkan. Setelah itu, kami membuat perahu dari kertas tadi dan membiarkan nya berlayar ke danau. Aku dan kika percaya , jika kami menulis cerita sedih,perahu tadi akan membawa kesedihan kami...walau kadang perahunya juga tenggelam.
            Kali ini aku menulis sesuatu.
            Tempat ini, masih seperti dulu. Aku pasti akan merindukan tempat ini, jika aku jauh dari kota ini. Dan merindukan kika. Sahabat yang ku sayangi.
          Aku beranjak dari danau, es krim coklat, rasanya cukup untuk menemani ku hingga senja tiba. Setelah membelinya, aku berjalan menuju sebuah kursi taman. Tiba-tiba... Plokk....
Yah jatuh…” Kataku setengah kesal karena eskrim ku jatuh.
“Maaf ya kak. Aku nggak sengaja.” Kata seorang anak kecil yang sedang kejar-kejaran dengan temannya.
“Kenapa, jatuh ya? Sayang, banget,padahal belum dimakan?”
            Deg...suara cowok, lembut banget, masih muda sepertinya. Aku nggak mengenali suara ini. Begitu asing. Tapi, suaranya, mengundangku mengetahui ingin siapa sosok pemilik suara ini.
            Gimana kalo beli lagi?” Tambah pemilik suara itu.
            Aku memandang orang itu, dari bawah keatas, Oh My God, ganteng banget. Seorang cowok sedang berdiri di hadapanku. Sebaya denganku. Pakai seragam SMA.
Gak pa-pa...Cuma jatuh aja. Lain kali bisa beli lagi.” Kataku gagap.
Kenapa lain kali,kalo bisa sekarang, tuh penjualnya masih ada.” Ajak cowok itu.
Ayo...tunggu apalagi. “ Tambahnya.
            Ajakannya, seperti nggak bisa ku tolak, aku mengikutinya, dia membeli dua es krim coklat dan mengajakku duduk di dekat air mancur.
Enak ya , es krim nya?” kata cowok itu,basa-basi.
Iya, memang gini kan rasanya. Kataku.
            Aduh ada apa dengan aku, sadar Fara, kamu sedang bicara sama siapa. Dia cowok ganteng Fara, mungkin seumur hidup baru kali ini kamu ketemu cowok seganteng ini. Stop Fara, jangan kamu keluarin jurus cuek bebek goreng itu. Hatiku seperti bicara sendiri.
            Ku lihat ia hanya tersenyum mendengar jawabanku. Aduh, bego banget gue. Tapi, ada satu hal, senyumnya manis banget.
Sering main kesini ya?” tanyanya, mengagetkanku.
Iya dulu, udah jarang-jarang sekarang.” Jawabku, masih cuek.
Oh, ya aku boleh nanya gak,?” tanyanya.
Boleh.” Jawabku singkat.
Kamu kalo kesini, kok suka main perahu kertas di pingir danau itu kenapa sih? Maaf aku suka merhatiin kamu, kalo kamu main kesini, nggak apa-apa kan?” tanyanya.
            Aku tersenyum. Akhirnya aku menceritakan apa yang biasa aku lakukan di pinggir danau kepada orang yang sebenernya nggak ku kenal ini. Sepanjang ku bercerita, ku lihat matanya memandangku lembut dan penuh perhatian. Dan aku suka itu.
Oh...terus temen kamu kemana? sambutnya setelah ku selesai bercerita.
“Masih ada keperluan lain.” Jawabku.
            Tak terasa es krim yang ku makan udah habis.
Aku pulang dulu ya, udah sore nih. Thanks buat es krimnya. Kataku sambil meninggalkannya.
Iya , sama-sama.” Jawabnya sambil tersenyum.
            Kuraih tasku, berdiri, dan meninggalkannya. Beberapa langkah, aku berjalan, ku dengar ia berteriak.
Nama kamu?
“Fara.
“Aku boleh jadi temenmu?” tambahnya.
Aku menyunggingkan senyum tanda setuju, “Tentu aja”.
            Sepanjang perjalanan pulang, entah mengapa, aku seneng banget. Aku terngiang-ngiang kejadian di taman tadi. Oh ya, kenapa tadi aku nggak nanya namanya ya? Untung tadi aku sempat baca nama sekolahnya, SMA tunas Bangsa, 11 IPA 1. Minimal aku biasa cari-cari di facebook lah.Tapi... aku nggak takut nggak bisa ketemu dia lagi, karena aku yakin suatu saat  bisa ketemu dia lagi. Hari ini ada hal luar biasa yang terjadi seumur hidupku...yang patut di tulis dalam The Adventure of Love by Fara.
            Sampai di depan pintu rumah, ku raih hp di sakuku. Ku cari kontak Kika, ku tulis pesan singkat:
Kika, gue gak ikut ketemu Edwin nanti malem, mungkin next time aja, ok? habis ngedate loe kesini ya? ada hal yang mau gue ceritain ke loe,,, kayaknya,,,GUE JATUH CINTA ....






Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Awesome Adventure

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam pramuka !!! ( tepuk pramuka satu kali) Pramuka ... Pramuka... Praja Muda Karana,,, maju bersama pramuka ... yess !! J             Hai kakak- kakak semua dimanapun kalian berada!! Yang unyu- unyu, yang standar, dan yang biasa- biasa aja... hehehe :):D peace !!. Disini kami dari kelompok 2 yang beranggotakan kak Ma’ur, kak Laily dan kak Toyibah serta dikomando oleh kak Anwar akan mememaparkan kegiatan- kegiatan selama MOPP 2013. Kegiatan Masa Orientasi Pramuka Pandega ( MOPP) 2013 terdiri dari dua kegiatan berbeda yaitu kegiatan indoor dan kegiatan outdoor . Sayangnya tidak ada kegiatan door to door yah...tapi mungkin bisa diusulkan sebuah kegiatan baru yaitu kegiatan gedoorrr gedooor ,,hehehe . Kegiatan indoor dilaksanakan tanggal 2-3 November 2013, tempat kegiatan di Student Centre Lantai 3 dan kegiatan outdoor dilaksanakan di Bumi Perkemahan Puhsarang- Semen mulai tanggal 3-5 Novenber 2013. Untuk lebih jelasnya, ikuti kami terus yahhh...

Lirik Lagu Nidji- Rahasia Hati Ost.5 CM

Tahu film 5 CM kan yang dirilis akhir tahun 2012, pasti tahu dong ya ? selain filmnya yang keren abis, ternyata soundtracknya gak kalah keren lho… ini salah satunya. Lagu dari Nidji yang berjudul Rahasia hati. Buatku lagu ini berkesan banget Karena liriknya yang menyentuh bila benar-benar dihayati, hehehe. So, daripada penasaran, intip bareng-bareng yuk… Check this out !!!

Acara Masak-Masak bersama Kawan-kawan

Untuk mempererat persahabatan, kami mengadakan acara masak-masak. Dipilihlah nugget tahu dan risoles coklat pisang sebgai pliihan masakannya. yang pasti rasanya enak karena dimasak dengan gembira dan bersama-sama ^,^ ( 30 November 2014)